Awal Mula Saya Ngeblog!


Saya mengenal blog belum lama, kurang lebih 6 tahun lalu sekitar tahun 2015an. Begini ceritanya!

Berawal dari aktivitas berjualan produk fashion sperti sepatu, tas, sandal, dan baju untuk anak-anak hingga dewasa yang digeluti oleh isteri saya, saya berinisiasi untuk membuat toko online agar jangkauan peminatnya lebih luas.

Saat itu, saya sama sekali tidak memiliki dasar pengetahuan tentang website. Meski pernah membuat blog tahun 2011an, namun fitur di Blogspot tidak mendukung transaksi jual beli secara online. Maka dari itu saya mencari informasi dan tutorial membuat website jual beli online.


Belajar HTML dan Dreamweaver


Perlahan-lahan saya pelajari html, css, dan lain sebagainya untuk mendukung tujuan saya membuat website, secara MANUAL! alias dikoding sendiri. Secara tampilan, hasilnya tidak mengecewakan untuk yang tidak memiliki pendidikan sebagai web developer, namun saya kesulitan saat belajar PHP dan JQuery.

Domain pertama saya saat itu adalah boedakbadoenk.com, inspirasi yang aneh nama toko online dari istilah yang muncul saat sekolah SMA. Tidak brandable, tidak kuat dan mengidentikkan ke produk sepatu atau tas. Tidak sama sekali.

Setelah beberapa bulan akhirnya saya mendapatkan informasi cara pembuatan di Wordpress. Nah disinilah titik mula saya mulai 'serius' ngeblog. Bukan sekedar menulis tapi juga mendalami pengetahuan berupa teori dan teknik dalam aktivitas blogging.

Selanjutnya, ....

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama