Submit Sitemap.xml di Google Search Console


Salah satu upaya agar blog kita segera muncul di daftar hasil pencairan Google Search adalah mendaftarkan situs ke Google Search Console atau GSC. Intip Cara Saya Menggunakan Search Console.

Di artikel itu saya menjelaskan terkait submit sitemap setelah properti terverifikasi dengan baik hanya saja mungkin diantara kamu ada yang belum paham penjelasan URL sitemap yang kita input.

Penjelasan Sitemap di GSC


Adapun sitemap yang disubmit adalah sebagai berikut:
  • sitemap.xml
  • sitemap-pages.xml
  • atom.xml
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000

sitemap.xml

sitemap.xml adalah sitemap untuk post/artikel di Blogger. Di Wordpress anda bisa menggunakan Plugin Yoast SEO atau plugin yang lain untuk membuat sitemap_post.xml atau post-sitemap.xml tergantung plugin generatornya.

sitemap-pages.xml

Sitemap ini untuk crawl robot Google untuk pages/halaman. Di Wordpress biasanya bernama sitemap_pages.xml atau page-sitemap.xml. Perlu diketahui bahwa sitemap-pages.xml ini jarang diketahui oleh blogger seperti saya.

atom.xml

Pada dasarnya atom.xml sama dengan sitemap lain yang disubmit di Google Search Console yaitu sebagai pengumpan mesin pencari mengidintifikasi perubahan di situs kita.

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Saya tidak terlalu paham sebetulnya (tepatnya belum membuktikan) apakah sitemap ini betul untuk menjadi trigger mesin pencari agar crawl situs kita jika memiliki 500 artikel.

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000

Kemudian yang terakhir adalah sitemap yang menjadi pengumpan mesin pencari untuk mengidentifikasi jika situs kita memiliki lebih dari 500 artikel postingan.

Pastikan kamu submit ulang setiap ada perubahan di blog baik penambahan artikel atau halaman agar blog cepat terindeks oleh mesin pencari.

Demikian artikel singkat ini, semoga memberikan manfaat!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama